Jurnal Mega

Blog Tentang Keseharian seorang jurnalis

5 Manfaat Meditasi dan Waktu Terbaik untuk Melakukannya

5 Manfaat Meditasi dan Waktu Terbaik untuk Melakukannya
Manfaat Meditasi #jurnalmega

Jurnalmega.com – Apakah yang terlintas di benak  ketika mendengar atau membaca tentang meditasi?
Atau mungkin bertanya-tanya seperti apa meditasi dan apa kiranya manfaat yang bisa didapat?

Apa Itu Meditasi?

Guru spiritual, J. Krishnamurti, memberikan definisi yang jelas tentang meditasi. Meditasi bukanlah pelarian diri dari dunia, bukan kegiatan mengisolasi diri melainkan lebih merupakan pemahaman dunia dan kehidupan. Apa yang penting dalam meditasi adalah kualitas hati dan pikiran.

Sedangkan Menurut ilmu psikologi, meditasi adalah latihan mental yang bertujuan mengontrol perasaan dan pikiran negatif dalam diri seseorang. Meditasi juga bisa mencegah terpendamnya emosi negatif yang mungkin akan meledak di kemudian hari jika tidak segera disadari dan dikeluarkan.

Salah satu jenis meditasi yang bisa kita pilih adalah meditasi perhatian (mindfulness meditation). Apa itu meditasi perhatian? Dalam teknik ini, kita dapat menyalurkan rasa kesal atau pikiran negatif dengan fokus pada satu hal, misalnya bernapas secara rileks atau menggunakan kata-kata yang disebut mantra.

Lewat pikiran yang positif, tubuh akan bekerja lebih baik, lebih sehat, dan bisa menyembuhkan atau memperbaiki diri dengan lebih mudah.

Meditasi dan Performa

Dalam jurnal yang membahas mengenai manfaat kesadaran meditasi menuliskan, bahwa hasil dari melakukan 3 bulan meditasi dapat membantu menambah performa dalam hal visual motorik, lalu hasil dari 1 minggu melakukan meditasi dapat menambah performa dalam berkonsentrasi dan meningkatkan kewaspadaan.

Manfaat lain meditasi pada kesehatan tubuh adalah dapat meningkatkan fungsi imun, menurunkan inflamasi dalam sel, lalu meditasi juga dapat meningkatkan kebahagian karena dapat menambah emosi positif dalam jiwa, menurunkan depresi dan kecemasan.

Baca Juga  9 Alasan Tulisan Tidak Pernah Tamat

Meditasi ternyata memang banyak manfaatnya, tidak heran banyak perusahaan besar menawarkan latihan meditasi untuk para karyawannya. Salah satunya adalah Google. Mereka memberi pelatihan meditasi bagi setiap karyawannya, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

5 Manfaat Meditasi

Meditasi terbukti baik bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Jika kamu hendak melakukan meditasi, baiknya untuk tahu apa saja manfaat yang akan diperoleh setelahnya.

Menyadari Napas #jurnalmega

Menyadari Napas

Meditasi membawa kita menyadari satu hal mendasar, tapi kerap diabaikan yaitu napas.
Fokus dan amati setiap hembusan napas kita. Jangan berusaha mengingat apa yang menjadi beban pikiran yang dirasakan. Jangan berusaha mengamati napas dengan berpikir, tetapi sadari napas dengan merasakannya.
Cara melakukan meditasi pernapasan sangatlah mudah, Anda cukup mengambil posisi duduk yang nyaman, tidak bersandar dan punggung lurus. Tangan bisa diletakkan di paha dan tutup mata. Selama 3-5 menit, luangkan waktu untuk menarik napas, tahan dan hembuskan. Fokus pada aliran udara yang masuk dan keluar.

Menyatukan tubuh & pikiran #jurnalmega

Menyatukan Tubuh dan Pikiran di Sini di Saat Ini

Seringkali tubuh dan pikiran kita tak selaras. Tubuh di sini, tapi pikiran ke mana-mana. Meditasi dapat membantu keselarasan tubuh dan pikiran yang tanpa kita sadari dapat terpisah.

Menenangkan Monkey Mind #jurnalmega

Menenangkan ‘Monkey Mind

Monkey Mind adalah sebutan untuk pikiran yang kerap melompat dari satu hal ke hal lain begitu cepatnya, bak seekor monyet.
Apa kamu pernah merasa gelisah, cemas, dan lelah karena terlalu banyak pikiran berkecamuk di kepala?
Dalam prinsip Budha, ini disebut Monkey Mind. Kondisi pikiran yang kacau diibaratkan seperti monyet-monyet yang terus melompat dari pohon ke pohon tanpa henti, tanpa tujuan, dan tanpa arah.

Baca Juga  5 Manfaat Membuat Jurnal Rasa Syukur

Istilah Monkey Mind diartikan sebagai ketidakmampuan manusia untuk mengendalikan dan menjernihkan pikirannya ketika terlalu banyak pikiran atau kekhawatiran yang memenuhi isi kepala. Hal ini cenderung menyebabkan kita jadi susah fokus pada satu hal dan mudah terdistraksi.

Membantu Lebih Mindful & Fokus #jurnalmega

Membantu Lebih Mindful dan Fokus

Saat diri tenang, pikiran dan tubuh menyatu maka fokus dan kesadaran kita akan ikut naik dan menjadi lebih baik. Membantu kita mencapai diri kita yang terbaik.
Mindfulness merupakan meditasi yang melatih seseorang untuk fokus terhadap situasi sekitar. Meditasi mindfulness ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, bagi untuk kesehatan fisik, maupun kesehatan mental.
Dilansir dari Mayo Clinic, meditasi mindfulness dapat meredakan berbagai kondisi tubuh seperti: stres, kecemasan, nyeri, depresi, tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan fokus, mengurangi kelelahan kerja, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan kontrol diabetes.

Rileks #jurnalmega

Rileks

Efek rileks saat dan setelah meditasi akan membantu diri untuk merasa lebih baik, lebih tenang dan membuat kita nyaman saat beristirahat. Untuk jangka panjang akan baik untuk proses regenerasi sel tubuh dan pikiran.

3 Waktu Terbaik Melakukan Meditasi

Saat Bangun Tidur

Seseorang bermeditasi di pagi hari, maka ia dapat lebih berkonsentrasi dengan apa yang akan ia lakukan pada siang harinya.
Meditasi pagi membantu mengatur suasana hari dan juga lebih mudah untuk menjadikan latihan ini sebagai kebiasaan jika memasukkannya ke dalam rutinitas pagi.
Bagi mereka yang tergolong ‘orang pagi’ akan lebih mudah untuk bermeditasi ketika saya bangun dan waspada dan reseptif di pagi hari,”

Ketika Hendak Mulai Bekerja

Duduk tenang sesaat sebelum mulai bekerjaan baik untuk meningkatkan fokus pikiran, meletakkan sesaat hal-hal di luar pekerjaan itu sendiri, mencoba hadir penuh.
Tak hanya baik untuk pekerja, ini pun bisa juga diterapkan di sekolah bahkan kampus. Tujuannya tetap sama untuk menjadikan diri lebih tenang, nyaman, dan fokus.

Baca Juga  Yogini Pembawa Spirit Kartini

Ketika Selesai Bekerja

Meditasi selepas kerja merupakan jenis meditasi yang spontan.
Dalam momen ini seseorang akan dapat merasakan tubuhnya mengambil waktu sejenak untuk berhenti dan bertanya pada diri sendiri bagaimana tubuhnya ingin bertransisi dari pekerjaan ke rumah.
Maka dari itu momen yang tercipta bisa membuat tubuh jauh lebih santai untuk melakukan meditasi. Di sana ada peluang untuk menghadirkan koneksi dan sensasi dan bisa sangat menenangkan sistem saraf.

Waktu Luang

Tergantung pada jadwal dan gaya hidup setiap orang, menyisihkan beberapa menit untuk bermeditasi pada waktu yang sama setiap hari mungkin terdengar sulit—namun itu tidak apa-apa!
Setiap orang bisa menciptakan ruang bagi dirinya sendiri. Contohnya ketika seseorang mempunyai janji pada diri sendiri untuk bermeditasi pada pukul 7 pagi, namun disaat yang bersamaan dirinya mengingat bahwa harus mengikuti rapat di jam yang sama. Maka dia bisa menggantinya saat waktu luang tentunya.

Sebelum Tidur

Jika bangun pagi merupakan sebuah kesulitan, ada keuntungan lain yang bisa didapatkan dari bermeditasi sebelum naik ke tempat tidur di malam hari. Menurut psikoterapis Marianela Medrano, pendiri Pusat Konseling dan Pelatihan Palabra di Stamford, Connecticut, “Manfaat bermeditasi sebelum tidur adalah berpotensi menenangkan sistem saraf setelah hari yang sibuk.”

Meditasi terpusat pada napas, atau meditasi yang menggunakan napas sebagai jangkar, adalah cara terbaik untuk melepas lelah dari hari. Meditasi sebelum tidur diyakini juga dapat membantu mereka yang tidak bisa tidur sepanjang malam.

Dalam melakukan jenis meditasi ini, fokuslah pada setiap inci dalam tubuh, lalu fokuskan perhatian secara perlahan dari satu bagian ke bagian berikutnya seperti sedang melakukan scan. Bisa juga dengan mendengarkan audio. Ini membantu pikiran menjadi lebih rileks sehingga tubuh dapat cepat tertidur.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 Alasan Tulisan Tidak Pernah Tamat
Previous Post 9 Alasan Tulisan Tidak Pernah Tamat
Tips Beryoga Saat Puasa
Next Post Tips Beryoga Saat Puasa