Jurnal Mega

Blog Tentang Keseharian seorang jurnalis

Tips Beryoga Saat Puasa

Tips Beryoga Saat Puasa
Yoga
Yoga Saat Puasa
#jurnalmega.com

jurnalmega.com – Puasa namun tetap berolahraga tentu sah saja. Terlebih bagi mereka yang sudah terbiasa meluangkan waktu dan memberikan perhatian khusus untuk rutin melakukan olah fisik.
Melakukan yoga misalnya. Bayangkan, jika selama 30 hari berpuasa aktivitas beryoganya dihentikan hmmm, bisa-bisa otot yang tadinya sudah lentur jadi kaku lagi.

Apalagi beberapa pose yang dulunya sulit sekarang sudah bisa dicapai, sayang kan kalau mesti mulai lagi dari nol. Selain double effort, kita pun pasti nggak nyaman karena terbiasa rutin bergerak.
Olahraganya orang yang berpuasa tentu berbeda dengan yoga di hari biasanya. Jika tidak hati-hati maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi merupakan gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Ini dapat terjadi sebagai akibat dari pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini turut disertai dengan gangguan keseimbangan elektrolit tubuh.

Dehidrasi dibagi 3 bagian yaitu dehidrasi ringan dengan jumlah kehilangan cairan sebanyak 2-5%, dehidrasi sedang 5%, dehidrasi berat dengan jumlah kehilangan cairan sebanyak 8 %.

Nah, kita nggak mau juga kan jadi dehidrasi dan mengorbankan kesehatan apalagi saat bulan Ramadan.

Puspa Anom, seorang Praktisi Yoga dari Bali berbagi Tips Beryoga Saat Puasa.
“Puasa lancar, tubuh tetap sehat, dan otot tetap lentur,” katanya menyemangati.

Yoga Time
sumber foto dreamstime.com

1. Perhatikan Waktu Beryoga

Beryoga mendekati waktu berbuka puasa bisa jadi satu cara yang bisa dipraktekkan. Tapi penting untuk tetap memperhatikan keluar masuk napas dari hidung dapat membantu kita melakukan pose yoga dan menghindarkan diri dari kelelahan dan dehidrasi.

Dilansir dari islamicity.org yang memberikan opsi lain waktu olahraga saat puasa. Kita bisa beryoga 1 jam setelah waktu berbuka selama 30 menit, dengan catatan menu berbukanya ‘ringan’

Baca Juga  9 Alasan Tulisan Tidak Pernah Tamat

Bisa juga melakukannya sebelum sahur, namun ini mungkin sulit karena kita harus bangun lebih pagi apalagi kalau terbiasa melakukan salat malam seperti tahajud, dll. Karena saat Ramadan pastinya kita berusaha melakukan ibadah sebaik mungkin dari yang wajib hingga sunah.

Surya Namaskar
sumber foto shutterstock.com

2. Pilihlah Gerakan Sederhana

Setelah menentukan waktu, selektif memilih gerakan juga harus dipertimbangkan. Gerakan sederhana namun dilakukan dengan berkesadaran penuh (mindful). Melakukan Surya Namaskar beberapa putaran dengan pelan sadar sepenuhnya pada tubuh, gerakan, dan napas.

Surya Namaskar juga dikenal dengan nama Sun Salutation. Ini adalah satu rangkaian gerakan yoga yang dilakukan untuk penghormatan terhadap matahari. Total pose atau gerakan dalam surya namaskar ada 12 pose. Diawali dengan satu pose berdiri lalu di pose terakhir akan kembali ke pose semula.

Gerakan ini meski terlihat sederhana, namun jika dilakukan dengan benar dan berkesadaran cukup mendatangkan peluh lho. Coba deh, tapi ingat takar kekutan dan napas ya, karena kita kan sedang berpuasa.

Pranayama Nadi Shodhana
sumber foto dreamstime.com

3. Tetap Melakukan Pranayama

Selalu isi pranayama di akhir latihan untuk mengisi kembali (recharge) tenaga dan tidak kelelahan. Pranayama berarti latihan pengaturan dan menyadari napas. Ini merupakan komponen utama dalam berlatih yoga.

Dalam bahasa Sansekerta, “Prana” berarti energi, “Yama” berarti kontrol atau menngendalikan.
Untuk pranayama di akhir sesi yoga asana selama puasa bisa melakukan nadhi shodhana.

Nadi Shodhana, juga dikenal sebagai Pernapasan Hidung Alternatif, adalah latihan pernapasan yang kuat dengan manfaat yang luas.
Nadi adalah kata Sansekerta yang berarti “saluran” atau “aliran” dan Shodhana berarti “pemurnian.” Oleh karena itu, nadi shodhana terutama ditujukan untuk membersihkan dan memurnikan saluran halus organisme pikiran-tubuh, sambil membawa keseimbangan pada sistem secara keseluruhan. Ini menyeimbangkan untuk ketiga dosha dan merupakan praktik yang cocok untuk kebanyakan orang.

Baca Juga  3 Buku Hebat Dalam Hidupmu

Nah, semoga tips di atas bisa bermanfaat dan membuat para yogini. Namun, bisa juga dipraktekkan pada mereka yang baru mencoba yoga. Satu hal yang patut kita syukuri karena bisa tetap melakukan yoga meski sedang berpuasa di Ramadhan penuh berkah.

Salam healthy, happy fasting buat kita semua ….

Baca juga artikel bunda di Liputan6.com ‘Yoga Bantu Atasi Gangguan Kecemasan

One thought on “Tips Beryoga Saat Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 Manfaat Meditasi dan Waktu Terbaik untuk Melakukannya
Previous Post 5 Manfaat Meditasi dan Waktu Terbaik untuk Melakukannya
Next Post Berdamai Dengan Emosi Saat Puasa Ala Mas Adjie Santosoputro